Jenis-jenis Bahan Jaket

Source: https://www.bensherman.com/

Seiring perkembangan zaman, jaket yang dulu nya berfungsi sebagai penghangat ketika kedinginan, sekarang penggunaan jaket makin beragam. Saat ini banyak jenis jaket yang diproduksi oleh produsen jaket. Jaket tidak hanya digunakan pada saat kedinginan saja, namun saat ini jaket bisa digunakan pada berbagai suasana.

Para produsen jaket memproduksi jaket yang mengikuti trend fashion saat ini agar menarik perhatian para kaula muda yang selalu ingin mengikuti trend fashion terupdate. Para produsen jaket memproduksi jaket dengan berbagai jenis bahan. Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat jaket disesuaikan pada saat cuaca dingin dan panas.

Berikut ini macam-macam bahan jaket yang dipakai di pasaran :

1. Fleece 

Fleece merupakan bahan jaket yang memiliki lapisan serat seperti kapas pada permukaan satunya. Kain jenis ini sering menggunakan bahan fleece untuk pembuatan jaket, sweater, jumper, dan lain-lain. Bahan fleece merupakan bahan yang bersifat hangat namun tidak panas. Selain itu juga bahan fleece nyaman dipakai.

Ada dua macam fleece yang biasa digunakan para produsen jaket, yaitu fleece katun dan fleece polyester. Pada dasarnya kedua fleece tersebut memiliki karakteristik yang sama namun yang membedakannya adalah dari bahan dasarnya itu sendiri.

Untuk fleece katun terdapat kandungan katunnya lebih dari 70% sedangkan fleece polyester kandungan katunnya dibawah 50%. Semakin tinggi kandungan katunnya semakin nyaman bahannya dipakai dan harganya pun semain mahal.

2. Terry 

Terry merupakan bahan yang mirip dengan bahan fleece. Yang membedakan antara bahan fleece dan terry adalah serat terry atau alurnya lebih kecl dan lebih halus.  Kain baby terry ini cocok untuk digunakan sebagai bahan sweater. Kain terry memiliki karakteristik tebal, lembut, dan hangat,dan terasa adem di kulit. 

3. Parasut 

Parasut merupakan bahan jaket yang kedap air. Ada beberapa bahan jenis parasit yang tidak kedap air. Bahan parasit apabila digunakan siang hari akan menimbulkan panas, karena sirkulasi pada bahan bisa dikatakan nol. Sirkulasi dikatakan nol karena sifat bahan yang kedap air itu sendiri. Bahan parasit berbahan dasar polyester, maka dari itu bersifat panas.

4. Micro 

Bahan micro memiliki serat atau alur yang sangat kecil dan apabila dipegang bahannya licin. Bahan micro biasa digunakan untuk jaket-jaket resmi karena bahannya yang jatuh dan tidak mudah kusut. jaket bahan micro biasanya memiliki karakteristik sedikit tahan air. Bahan micro juga cocok digunakan sebagai jaket untuk seragam olahraga.

5. Diadora, Adidas dan Lotto

Ketiga jenis bahan ini biasa digunakan untuk bahan jaket sporty. Nama ketiga bahan tersebut diambil dari merek terkenal yang sering menggunakan bahan tersebut. Bahan lotto dan diadora merupakan bahan jaket yang sedikit mengkilat namun bahan Adidas lebih tidak mengkilat. Selain itu dari ketiga bahan tersebut, bahan diadora lah yang sedikit lebih tebal.

6. Kanvas 

Bahan Kanvas merupakan bahan yang biasa digunakan produsen jaket untuk membuat jaket-jaket casual dan agak resmi. Ada beberapa jenis bahan kanvas yang bisa dilihat dari serat dan ketebalannya. Untuk lapisan atas bahan kanvas sedikit berbulu sehingga benang mudah menempel pada bahan kanvas.

7. Corduroy 

Corduroy merupakan bahan jaket yang berbentuk garis-garis. Bahan corduroy ini selain untuk jaket, para juga jaket sering menggunakannya juga untuk bahan celana. Namun pada saat ini jarang sekali ada yang menggunakan bahan corduroy dikarenakan bahan corduroy terkesan sudah kuno.

8. Drill 

Drill merupakan bahan yang nyaman untuk dipakai dikarenakan sifat bahannya yang halus dan dingin apabila digunakan. Bahan drill juga dapat menyerap keringat. Bahan jenis ini juga sering digunakan untuk membuat kameja.

9. Tessa 

Tessa merupakan jenis kain yang biasa digunakan produsen untuk membuat jaket-jaket yang berbentuk semi jas. Bahan tessa memiliki harga dan kualitas dibawah jas.

10. Denim 

Denim merupakan bahan yang bersifat tebal dan kuat yang juga populer digunakan untuk celana jeasn. Jaket ini kembali populer digunakan di kalangan kaula muda sebagai trend fashion masa kini dikarenakan populernya film Dilan 1990.

11. Taslan

Bahan taslan memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yang anti air. Bahan taslan juga terkenal sebagai bahan yang paling eksklusif. Bahan taslan juga banyak macamnya, seperti taslan salur, taslan korea, taslan local atau taslan lainnya.

Demikian bahan-bahan jaket yang biasa digunakan para produsen jaket untuk membuat jaket, semoga bisa menjadi info bermanfaat bagi anda yang hendak membeli ataupun membuat jaket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan via WhatsApp
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram