Jenis-jenis Bahan Topi

Topi merupakan salah satu  atribut atau aksesoris yang umum digunakan oleh semua kalangan, dikarenakan harganya yang  relatif murah dan cocok dipadupadankan dengan pakaian lain seperti kaos, meskipun ada topi-topi premium yang mahal di luar sana.

Bagi sebagian orang, topi merupakan atribut penting yang diperlukan untuk menunjang penampilan mereka. Selain sebagai atribut fashion, topi juga bisa memiliki fungsi beragam sesuai dengan jenis topi tersebut yang intinya dapat menunjang aktifitas pemakainya. Namun tahukan anda jenis bahan-bahan yang digunakan topi anda? ini menarik diketahui bagi anda yang berminat membeli maupun menjual topi karena bahan tentu mempengaruhi kualitas. Berikut jenis-jenis bahan topi yang kami rangkum.

  1. Matador

Kain matador adalah jenis kain yang sangat murah dan jenis kain ini biasa digunakan untuk dalaman topi. Kain matador biasa dipakai untuk topi partai. Dikarenakan topi partai biasanya sangat banyak namun budgetnya minim. Jadi kain jenis ini bisa digunakan karena harganya sangat murah.

  1. Royal

Kain royal satu tingkat dari bahan matador. Harga nya pun lebih mahal dari kain matador. Topi jenis ini juga biasa dipakai produsen topi partai. Kain royal memiliki ketebalan yang cukup untuk topi namun serat kainnya kasar. Warna yang tersedia untuk kain royal hanya warna-warna yang terang seperti warna-warna partai.

  1. Famatex

Kain famatex pada umumnya digunakan untuk pembuatan topi seragam sekolah, karena memiliki serat yang halus dan kaku.

  1. Twill Sueding

Twill sueding merupakan bahan yang memiliki kualitas sedang dan tergolong murah. Bahan twill sueding ini termasuk jenis katun dan kain jenis ini juga bisa dikatakan termasuk jenis atau kategori drill. Twill sueding memiliki ciri halus namun padat dan lebih tipis dari royal. Tentu saja kain jenis twill sueding lebih bagus ketimbang bahan royal. Ketersedian warna dari kain twill sueding ini juga lebih banyak disbanding kain royal.

  1. Drill

Jenis kain drill sangat bervariasi, mulai dari seratnya, merknya sampai harganya tergantung dari jenis drill itu sendiri. Untuk memudahkan drill terbagi menjadi tiga kelompok yaitu drill kkualitas biasa, kualitas sedang, dan kualitas bagus. Perbedaan dari ketiga kualitas drill tersebut dari seratnya, ada drill yang seratnya biasa, serat sedang dan serat tebal.

  1. Rafel

Jenis kain rafel banyak digunakan para produsen topi untuk pembuatan topi baik itu topi umum seperti yang biasa dijual dipinngir jalan maupun topi untuk distro. Kainnya yang kaku dan tebal paling digemari oleh para pecinta topi. Bahan topi rafel terbagi dalam tiga bagian yaitu Rafel mentah polyester, Rafel mentah katun dan rafel sueding.

  • Rafel Mentah Polyster

Rafel mentah ada dua macam yaitu rafel mentah polyester dan rafel mentah katun. Untuk ciri keduanya hampir sama, cara membedakannya dengan cara dibakar pada bagian ujungnya. Jika tercium bau plastik maka dipastikan itu rafel polyester namun jika tercium bau kertas maka itu rafel katun.

  • Rafel Sueding

Rafel sueding jenis kain yang berbulu karena rafel ini melalui proses pencucian di pabrik.

  • Rafel mentah katun

Rafel mentah katun biasa juga disebut dengan twill 70’, karena seratnya sama dengan rafel mentah polyester maka rafel mentah polyester dan katun sulit untuk dibedakannya. Cara membedakannya sudah dijelaskan pada bagian rafel mentah polyester.

  1. Kanvas

Bahan kanvas jarang sekali dipakai untuk bahan pembuatan topi. Bahan ini lebih sering digunakan untuk bahan pembuatan jaket. Bahan kanvas memiliki ciri tebal dan berbulu pada lapisan atasnya. Bahan kanvas terdiri dari :

  • Bahan kanvas marsoto
  • Bahan kanvas ring
  • Bahan kanvas sueding
  • Baby kanvas

Itulah jenis-jenis bahan topi yang umum digunakan di industri. PT Bandung Indo Garmen siap melayani jasa produksi berbagai macam topi  dengan beragam pilihan bahan dan bordir yang bervariasi. Silahkan hubungi Customer service kami atau dengan mengklik tombol ‘Pesan via WhatsApp’ dibawah untuk tanya-tanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan via WhatsApp
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram