Perbedaan Garmen dengan Konveksi

Garmen dan konveksi merupakan dua istilah yang sering disamakan, namun sebenarnya keduanya berbeda. Pada dasarnya garmen dan konveksi merupakan sama-sama badan usaha yang bergerak di bidang jasa produksi pakaian atau aksesorisnya yang berbahan dasar kain, dan tentu saja keduanya sama-sama terlibat dekat dengan penjahit.

Tapi keduanya berbeda dari aspek kapasitas produksi, pekerja, kualitas produksi, dan bisa juga badan usahanya. Kami sendiri merupakan garmen yang berbadan usaha PT (Perusahaan Terbatas). Berikut perbedaan antara garmen dan konveksi yang kami rangkum.

  1. Konveksi

Konveksi merupakan tempat produksi barang jadi tekstil yang biasanya berupa pakaian, aksesoris dan barang lain yang berbahan dasar kain dengan kapasitas produksi yang umumnya kecil sampai sedang.

Konveksi biasanya menerima jasa pembuatan beragam jenis pakaian seperti kaos, jaket, kemeja, dll. baik dalam kuantitas satuan atau dengan minimal order tertentu. Konveksi bisa juga menerima  jasa pembuatan seragam, celana trainig, tas dan lainnya selama  berhubungan dengan jahit menjahit dan sablon.

Biasanya kuantiti untuk produksi d konveksi dar 1 lusin  sampai 10.000 pcs. Di atas tersebut biasanya di produksi oleh perusahaan garmen atau konveksi dengan kapasitas lebih besar. Berikut penjelasan kuantitas dan kualitas produksi konveksi.

  • Kapasitas produksi skala kecil sampai menengah 12 – 10.000 pcs 
  • Peralatan produksi cukup lengkap
  • Jumlah pekerja terbatas dengan jumlah alat produksi dan orderan yang masuk
  • Qualitas dari produk yang di hasilkan mengutamakan kesesuaian dengan pesanan dan tidak terlalu mementingkan standar dari SNI ( Standar Nasional Indonesia) atau standarisasi lainnya. Namun akan memenuhi standar bila diminta.

2. Garmen

Istilah “garmen” berasal dari serapan bahasa inggris “garment” yang artinya pakaian jadi. Garmen maknanya lebih condong pada proses produksi pakaiannya. Sehingga garmen dapat diistilahkan sebagai proses membuat pakaian jadi.

Garment biasanya berupa  perusahaan atau pabrik ataupun keduanya, yang biasanya memiliki sistem administrasi dan pengelolaan perusahaan yang lebih baik. Sistem pengelolaan yang lebih baik memberi kemudahan kepada perusahaan untuk memasarkan produknya atau proses produksinya. Produksi garment dalam skala besar sehingga dalam proses pengerjaan menggunakan pekerja (karyawan) lebih banyak. Berikut detail kuantitas dan kualitas produksi garmen.

  • Kapasitas produksi skala besar, mampu memproduksi 1 juta pcs /bulan, namun masih menerima order kuantiti kecil dengan minimal order.
  • Alat produksi lengkap
  • Jumlah pekerja banyak, dan menyesuaikan dengan orderan yang masuk
  • Qualitas yang dihasilkan dari garmen lebih terjaga, dengan memberikan standar pada produk yang dikerjakan baik jahitan, mutu dari bahan.

Saat ini garmen dan konveksi sudah saling biasa bekerja sama dalam hal makloon orderan dan pembagian karyawan, bila salah satu pihak kewalahan dalam menerima order, order yang lebihnya akan dilemparkan ke rekanan garmen atau konveksi sesuai kesediaan pihak tersebut. Sekian info mengenai perdeaan garmen dan konveksi yang kami rangkum. Semoga bermanfaat.

PT Bandung Indo Garmen melayani jasa produksi berbagai macam seragam kerja dengan beragam pilihan bahan dan sablon yang bervariasi. 

Kami telah dipercaya oleh beberapa perusahaan besar untuk memproduksi berbagai macam kebutuhan produk garmen mereka. Silahkan hubungi Customer service kami atau dengan mengklik tombol ‘Pesan via WhatsApp’ dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan via WhatsApp
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram